Kamis, 18 Desember 2014

“Menyikap Tersembunyi nya Cinta”



            Cinta, satu kata penuh makna. Cinta dapat membuat sebagian orang merasa bahagia,tetapi cinta juga dapat membuat sebagian orang merasa kecewa. Cinta adalah fitrah yang terdapat dalam diri manusia, dan jenis rahmat Tuhan yang paling lembut. Cinta juga merupakan rahasia gerak rasa kehidupan yang dapat membingungkan . orang-orang berpikir , yang sebetulnya sulit sekali untuk dijabarkan dengan kata-kata. Esensinya, cinta memberikan ketentaraman jiwa bagi yang merasakannya. Dimana sebuah rasa saling memberi dan tidak berharap lebih untuk meminta secara paksa.
Bicara tentang makna cinta, maka tanpa mengenal batas waktu untuk membahasnya. Lantaran banyaka interoretasi tentang cinta. Tiap individu akan memberikan presepsinya tentang makna cinta itu sendiri. Biasanya makna cinta di tafsirkan dan dikemas oleh sebagian orang berdasarkan pengalaman pribadi orang-orang tersebut dalam hal percintaan. Sehingga didapatlah makna cinta yang berbeda-beda dari setiap orang .
            Cinta terbagi menjadi dua segi, yang pertama adalah cinta dari segi vertical. Yaitu cinta antara manusia terhadap Tuhannya, jenis cinta kepada Tuhan ini merupakan jenis cinta tertinggi yang sering disebut pula sebagai cinta hakiki. Lalu jenis cinta yang kedua adalah cinta dari segi horizontal yaitu cinta antara sesama manusia. Cinta antara sesame manusia juga banyak ragamnya, diantaranya cinta antara anak dengan orang tua, cinta kepada keluarga, cinta kepada teman,dan cinta terhadap lawan jenis. Dan tema cinta pada pembahasan ini menuju kepada cinta yang dipahami oleh sebagian orang terhadap lawan jenisnya.
            Jatuh cinta, setiap orang rasanya pernah yang namanya jatuh cinta. Karena sekali lagi, cinta merupakan fitrahnya manusia. Kita tak pernah tahu dan tak bisa memilih siapa orang yang bisa membuat kita jatuh cinta. Perasaan cinta tersebut mengalir begitu saja tanpa bisa dicegah saat jatuh cinta, emosi kita mudah sekali untuk dipacu ketegangan rasa yang lebih tinggi. Sebuah rasa yang selalu memberikan kesan bahagia,senang, optimism dan penuh aura positif. Diibaratkan orang yang sedang jatuh cinta seperti imi tengah berdirih dihamparan taman bunga yang megah. Entah itu memang betul, atau hanya sebuah pengibaratan konyol.
Tetapi wajar rasanya kalau mesti diibartkan seperti itu, sebab percaya atau tidak, ketika seorang merasakan jatuh cinta, maka akan selalu ada goresan senyuman dari raut wajahnya. Sebuah bahasa tubuh yang mudah sekali orang lain untuk menangkap sinyal tersebut, ketika seseorang menunjukan sebuah rona wajah yang selalu berseri-seri. Terlebih saat orang yang telah membuatnya jatuh cinta berada disekitarnya. Terdengar klise, tapi itulah kenyataan gambaran ekspresi orang yang sedang jatuh cinta.
            Namun ekspresi yang seperti apa yang akan ditunjukkan oleh sebagian orang yang mempunyai kepribadian yang dingin hati saat ia jatuh cinta? Mungkin sedikit sulit untuk kita menyingkapi rahasia cinta yang dimiliki oleh orang-orang yang berkepribadian dingin hati. Sebuah kepribadian yang dinilai tenang, pendiam, datar, cenderung tidak bisa berekspresif dan acuh terhadap lawan jenisnya. Bisa jadi karakter inilah yang disebut dengan istilah cool, dan membuat sebagian banyak lawan jenisnya merasa tertarik dengan karakter tersebut , tetapi sekaligus membuat lawan jenisnya merasa enggan dan segan untuk mendekatinya lebih dalam. Karena karakter acuhnya tersebut yang kerap kali orang-orang lebih menarik mundur perasaannya dari pada harus menanggung malu karena harus di acuhkan. Pribadi yang dingin dan acuh ,memanglah sebuah pribadu yang unik. Emosi-emosi yang dimiliki oleh orang-orang yang berkepribadian seperti itu cenderung terkontrol dengan baik. Ia dapat mengatur emosi suka,emosi senang, emosi marah, emosi sedih , dsb. Sesuai porsinya masing-masing sehingga apabila kita tidak terlalu memahami dan mengenal orang-orang yang memiliki pribadi dingin hati , maka kita tak pernah tahu apakah ia sedang senang ,marah,sedih, terlebih saat ia jatuh cinta. Kemudian apa jadinya ketika rasa jatuh cinta tersebut mulai muncul pada orang-orang yang berkepribadiaan dingin dan acuh, namun ia berusaha mencegah rasa itu mengalir lebih jauh?
Yang mana sebuah usaha keras untuk menghindar dari rasa cinta, karena ia tidak ingin terlihat aneh dimata banyak orang apabila sebuah relasi terjalin dengan subyek tertentu. Mungkin itu hanyalah sebuah pemikiran tersendiri dari oramg yang empunya karakter unik tersebut. Suatu pemikiran yang tidak ingin hanyut dalam perasaan yang belum pasti dan jatuh terlalu dalam pada rasa itu.
Sebuah kombinasi karakter dan juga situasi yang sukar, untuk orang lain menyikap tersembunyi cinta yang berusaha di pendam dan dicegah oleh orang-orang yang berkarakter dingin hati.
            Berusaha melawan rasa jatuh cinta agar tidak mengalir terlalu jauh, tentunya sebuah hal yang bisa menyiksa tubuh, pikiran dan hati kita. Terutama jika orang yang memiliki karakter dingin hati dan acuh adalah seorang wanita. Karena menurut penelitian, wanita lebih dominan menggunakan emosi dan perasaannya sebanyak 80% , sedangkan pria sebaliknya,cenderung menggunakan logika sebanyak 80% dalam sebagian besar pengambilan keputusan. Meskipun demikian, baik wanita maupun pria apabila seseorang tersebut mempunyai karakter cenderung dingin hati ,kemudian orang-orang tersebut berusaha untuk mencegah dirinya jatuh cinta,pasti tetap saja akan membuat hati menjadi tersiksa. Tidak pandang gendre, sebab yang berperan dalam perasaan adalah hati.
            Jika pada bahasa tubuh tak bisa menyikap tersembunyinya cinta pada diri orang-orang yang berkepribadia unik . boleh jadi kita perlu ekstra teliti untuk menangkap sinyal-sinyal lain yang ditunjukkan oleh ornag-orang yang seperti itu. Walaupun orang-orang yang berkepribadiaan dingin hati dan acuh berusaha untuk mencegah dirinya untuk tidak terlalu jatuh cinta terlalu dalam, tapi naluri rasa cinta tetap saja akan Nampak, meski terlihat samar di mata sebagian orang. Naluri rasa cinta tersebut mungkin bisa Nampak saat kita melakukan komunikasi satu sama lain secara intens, sebab dari seringnya komunikasi itu, akan mengalir bahasa-bahasa tertentu yang menjadi ciri khas dari masing-masing individu. Tanpa disadari, bahasa itulah yang menguatkan karakter seseorang. Tidak semua orang bersikap selalu terbuka dalam menyampaikan maksudnya , pasti akan ada beberapa maksud dan pembahasan yang kadang ditutupi oleh seseorang,dan kadang kalanya ketertutupan itu akan ditunjukan dengan bahasa symbol. Bahasa-bahasa symbol mengandung banyak unsur perasaan yang bermain di dalam hati, yang tidak mudah untuk diungkapkan secara langsung kepada orang lain. Bahasa symbol lebih banyak menggunakan kata kiasan untuk mengekspresikan rasa jatuh cinta yang coba dipendam dan dicegah oleh orang-orang yang berkepribadian dingin hati,acuh dan juga bagi orang-orang yang menghargai perasaan dirinya serta menghargai perasaan orang lain.
Bahasa symbol itu akan ditunjukkan hanya untuk subyek yang membuat dirinya merasakan gejolak naluri cinta. Jernilah untuk kita dalam memfilter dan menerjemahkan bahasa-bahasa symbol yang diungkapkan oleh seseorang kepada kita. Tersembunyinya cinta memanglah kolosal, banyak rahasia yang patut untuk disingkap agar jelas dan pasti , tapi ada pula rahasia cinta yang akan  tersingkap dengan sendirinya. Sesungguhnya memanglah waktu yang akan menjawab dengan sendirinya, yang memberikan sebuah ruang agar kita dapat memproses dan menyadari perasaan kita yang sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar