Selasa, 20 November 2012

Pengantar Bisnis minggu ke 6




 Pengantar Bisnis

Minggu ke-6
Pertanyaan
1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh!
2. Buatlah skema bauran pemasaran !
3. Sebutkan dan jelaskan tujuan system pemasaran!

Jawaban
1. Jenis-jenis pasar ada 4 jenis, yaitu :
·         Pasar Konsumen : Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut, contoh: dimana pembeli membeli barang kebutuhan seperti barang primer, sekunder, dan tersier.
·         Pasar Industri : Pasar Industri adalah pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memeproduksi barang lain kemudian dijual, contoh : terdapat pasar tekstil, industri makanan, dan industri minuman.
·         Pasar Penjual : Pasar penjual adalah pasar dimana individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba, contoh : terdapat semacam agen, apotek, dan showroom.
·         Pasar Pemerintah : pasar pemerintah adalah pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti departemen, direktorat, kantor dinas, dan instansi lainnya, contoh : PT Pertamina, PT Kereta Api, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

2. Skema Bauran Pemasaran


           

·         Produk :
-          Produk tidak tahan lama
-          Produk tahan lama
-          Jasa (service)
·         Struktur Harga :
-          Harga perkenalan pasar
-          Harga Markup
-          Harga prestige
-          Harga berdasarkan nilai
·         Kegiatan Promosi :
-          Periklanan
-          Hubungan masyarakat
-          Penjualan personal
-          Promosi penjualan
·         Sistem Distribusi :
-          Penjualan langsung
-          Penjualan melalui satu perantara


3.         Tujuan sistem Pemasaran
·         Memaksimumkan Konsumsi
Kegiatan – kegiatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
·         Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Pandangan lain mengatakan bahwa tujuan sistem pemasaran adalah memaksimalkan kepuasan konsumen, bukan memaksimalkan konsumsi. Tetapi, kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap penggunaan suatu produk atau terhadap aktivitas pemasaran. Kedua, kepuasan yang diperoleh terkadang diikuti kondisi yang kurang menyenangkan, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan. Ketiga, kepuasaan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu (barang bergengsi) sangat relatif, yaitu tergantung pada sedikit banyaknya orang lain yang mengkonsumsi barang tersebut.
·         Memaksimumkan Mutu Hidup
Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya. Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa mutu hidup adalah tujuan yang bernilai bagi sistem pemasaran, meskipun tidak mudah mengukurnya karena setiap individu mempunyai penilaian berbeda terhadap suatu produk.
·         Memaksimalkan Pilihan
Tujuan lain di sistem pemasaran adalah ragam produk dan pilihan konsumen. Meskipun sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang dengan tepat memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hidup mereka, tetapi konpensasinya adalah peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua, pertambahan ragam produk, tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan pilihannya.


0 komentar:

Posting Komentar