Senin, 19 November 2012

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke -2

 PENGANTAR BISNIS

MINGGU KEDUA
 
PERTANYAAN

  1.       Buatlah dengan 1 contoh perusahaan nyata yang universal atau umum untuk dapat menjelaskan tujuan dari perusahaan !
  2.       Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan contoh perusahaan nyata !
  3.    Terangkan dengan menggunakan 1 perusahaan nyata tentang pengaruh lingkungan intern (langsung) dan ekstern (tidak langsung) !

JAWABAN
  1.      a. Contoh perusahaan “PT Fastfood Indonesia Tbk”, memiliki tujuan dilihat dari segi :
-          Tujuan Ekonomis
Untuk mendapatkan keuntungan atau laba, maka PT Fastfoo Indonesia Tbk harus memilih bahan baku yang berkualitas dalam proses awal membuatnya → pemilihan daging ayam yang berkualitas → pemilihan tepung yang bermutu → menambahkan bumbu-bumbu untuk meracik menu “ fried chiken” → agar konsumen tidak mengalami kebosanan maka perlu dilakukan inovasi-inovasi baru dalam menu selanjutnya → menciptakan varian-varian baru dalam setiap inovasinya → menu Fried Chiken BlackPapper → varian menu tersebut menambahkan lada hitam sebagai bahan dasar penunjang → begitu seterusnya, berusaha menemukan inovasi secara terus menerus.

PROSES PEMBUATAN MENU FRIED CHICKEN DI KFC UNTUK TUJUAN MENDAPATKAN LABA. 
 

Kebanyakan penduduk di kota-kota besar bekerja diluar rumah. Termasuk dari golongan kaum hawa pun tak sedikit yang berkarir atau bekerja di luar rumah. Dengan kondisi kerja yang sudah terjadwal dengan jam kerja. Hal itu menuntut sebagian orang untuk dapat semaksimal mungkin dan menginginkan segala sesuatunya lebih cepat tersedia. Termasuk dalam aktivitas penting seperti makan. Lewat kebutuhan akan makanan yang cepat sedia, akhirnya peluang itupun dikembangkan oleh sebagian orang unutk membuka bisnis di bidang makanan cepat saji atau fastfood seperti yang dilakukan oleh PT Fastfood Indonesia Tbk.
PT Fastfood Indonesia Tbk adalah pemilik tunggal waralaba KFC (Kentucky Fried Chicken) di Indonesia, yang didirikan oleh Gelael group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia.
Perseroan  mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan sukses. Outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makasar dan  Manado.
            Keberhasilan yang diraih dalam perkembangan merk menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya. Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group. Sementara saham minoritas 20,4% didistribusikan kepada public dan koperasi.
b. Selain memiliki tujuan ekonomis, PT fastfood Indonesia Tbk memiliki tujuan dari segi sosial dalam perkembangannya.
            Setiap pendapatan yang diperoleh KFC → sebagiannya akan dipotong untuk pajak → dari pajak akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur umum. Ketika terjadi bencana alam di Indonesia → maka PT Fastfood Indonesia Tbk menjadi donator → menyumbang sejumlah dana → untuk memenuhi kebutuhan → bahan makanan, pakaian dan obat-obatan.
            Selain contoh dari PT Fastfood Indonesia Tbk, maka lebih rincinya mengenai tujuan perusahaan di bidang sosial akan tergambar dalam bentuk usaha koperasi dan yayasan.
            Contoh perusahaan koperasi, “ KBB” dan “Koperasi Global Anand Krishna (Anand Krishna Global Cooporation)” yang memiliki tujuan dilihat dari segi tujuan sosial.

            Koperasi kaki tangan BERNAS Berhad (KBB) adalah merupakan sebuah koperasi kaki tangan padi beras nasional Berhad. Didirikan pada 30 Juni 1973 dengan nama aslinya Syarikat Kerjasama Serbaguna Kalpana Berhad. Pembangunan koperasi ini adalah karena untuk mewujudkan satu bertuk kerjasama dan semangat saling tolong menolong dikalangan anggota-anggota dan juga mengumpulkan uang untuk tujuan modal perniagaan bagi membantu meningkatkan lagi taraf hidup social ekonomi disamping mewujudkan satu bentuk kemudahan keuangan bagi membantu menyeleasaikan masalah keuangan anggota-anggota.
            Selain KBB, adapula koperasi Global Anand Krishna yang bertujuan di bidang social, dalam pendiriannya.dilandasi rasa perihatin mendalam terhadap situasi ekonomi Indonesia yang masih belum mandiri, serta masih belum terwujudnya kesejahteraan rakyat yang merata di negeri ini, maka yayasan Anand Ashram berniat mengembalikan koperasi sebagai “Sokoguru” perekonomian bangsa dengan mendirikan koperasi Anand Krishna secara serentak di Provinsi Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.



2. Contoh perusahaan “PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia”.


            → Menggunakan pendekatan Producer Oriented Approach (seller’s market)
 Sebagai produsen kertas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia mendistribusikan produknya kepada agen 
 atau distributor, produsen yang turun langsung ke pasar untuk mencari konsumen dan 
memperkenalkan/ menjual produk-produknya ke konsumen 
Jadi yang dimaksud pendekatan Producer Oriented Approach adalah produsen yang menjual barang  dan jasa ke pasar. 
→ Menggunakan pendekatan Consumer Oriented Approach (buyer’s market)
 Sebagai perusahaan penghasil produk kertas ternama, produk PT Pabrik Kertas Tjiwa Kimia sudah banyak terdapat di pasaran. Oleh karena itu, konsumenlah yang mendatangi agen/ distributor/ produsen/ turun ke pasar langsung untuk mendapatkan produk yang dimaksud.


Jadi pendekatan Consumer Oriented Approuch adalah konsumen membeli barang dan jasa yang dijual oleh produk ke pasar.



3. Lingkungan Intern dan Ekstern sangat mempengaruhi suatu perusahaan, misalnya dalam sebuah perusahaan “Apotek K-24” atau Komplet 24 yang dibuka pertama kalinya pada 24 Oktober 2002 di Jalan Magelang, Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar