Selasa, 20 November 2012

Pengantar Bisnis minggu ke 7

Pengantar Bisnis
Minggu ke-7
Pertanyaan
1. Buatlah dengan suatu contoh kasus tentang proses produksi (input----Proses----Output) sebutkan jenis barangnya untuk : pakaian, makanan, minuman, sepatu !
2. Jelaskan perbedaan manajemen produksi dan produksi ceritakan dengan suatu ilustrasi !
3. Sebutkan pengambilan keputusan dalam manajemen produksi !




Jawaban
1.                                             Tabel Produksi Input—Proses—Output

                              



    2.       Manajemen produksi adalah usaha pengelolaan secara optimal terhadap faktor-faktor produksi (resources) yang terbatas adanya untuk mendapatkan hasil tertentu dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang sebanyak-banyaknya atau dengan tingkat hasil tertentu diusahakan dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

Produksi adalah segala pekerjaan yang menimbulkan guna, memperbesar guna yang ada dan membagikan guna itu di antara orang banyak.

            Ilustrasi dalam manajemen produksi, misalnya ketika sebuah perusahaan tektil ingin memeperbanyak jumlah produksi barang dalam waktu dekat dan singkat serta mendapatkan profit bagi perusahaan, sedangkan tak semua faktor-faktor produksi dapat dipenuhi secara langsung demi tujuan perusahaan tersebut. Maka yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah mengatur atau memanage salah satu saja dari faktor produksi. Yaitu dengan menambah jumlah SDM atau tenaga kerjanya melalui cara pengrekrutan karyawan baru, untuk menambah jumlah produksi barang tersebut. Karena SDM merupakan contoh dari faktor produksi variabel, yang dapat disesuaikan penggunaannya baik dalam jangka waktu dekat maupun panjang. Berbeda dengan faktor produksi mesin, yang termasuk dalam faktor produksi tetap yang sulit dirubah/disesuaikan sesuai tujuan perusahaan.
            Sedangkan ilustrasi dalam produksi, misalnya : sebuah perusahaan akan mengolah dan menjual suatu barang tertetu. Maka diperlukan proses pengumpulaan/pemilihan bahan baku, kemudian diolah menjadi barang setengah jadi. Hingga melalui tahapan akhir, dimana barang telah menjadi barang jadi/siap jual.

         3.    Pengambilan keputusan dalam Manajemen Produksi ada 4 macam pengambilan keputusan, yaitu:
·         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti
·         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko
·         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti
·         Peengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan yang lain
 

0 komentar:

Posting Komentar