Selasa, 13 November 2012

Tugas Soft Skill Pengantar Bisnis Minggu ke 1

Tugas Pengantar Bisnis #


Minggu 1

Pertanyaan:
  1.        Buatlah skema atau alur tentang pengertian bisnis dan jelaskan !
  2.       Jelaskan alasan mengapa manusia belajar bisnis !
  3.      Terangkan sejarah terjadinya bisnis !


Jawaban: 

1.      Skema alur Pengertian bisnis terlihat dalam gambar dibawah ini:




Penjelasan Skema:

Bisnis adalah suatu kegiatan perdagangan, yang tentunya berhubungan erat dengan yang namanya transaksi (proses persetujuan jual beli) yang dilakukan antara pihak produsen dan konsumen. Atau pihak penjual dengan pembeli. Transaksi sendiri berkaitan dengan kegiatan usaha. Sedangakan usaha muncul karena adanya kebutuhan akan barang dan jasa tertentu.
  
2.  Alasan manusia belajar bisnis, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Dan dari ketergantungan itulah yang menimbulkan keinginan individu agar bisa merubah pola hidupnya ke taraf  yang lebih baik lagi. Karena pada dasarnya manusia juga sebagai makhluk ekonomi, yang ingin memilih dan menciptakan kemakmuran atau keuntungan. Terlebih di era globalisasi saat ini, yang kemajuan tekhnologinya sudah sangat pesat. Otomatis menuntut kita untuk pintar dan cerdas dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk mengerti tentang ruang lingkup bisnis. Sehingga saat kita berkeinginan untuk melangkah berkarir atau membuka usaha sendiri (berwirausaha), kita sudah mempunyai modal ilmu bisnis yang mumpuni/tercukupi.


  
3.     Sejarah terjadinya bisnis
          Sejak awal kita dilahirkan bahkan jauh sebelum kita dilahirkan dan masih berada dalam kandungan, manusia sudah bersentuhan dengan yang namanya bisnis. Dimana sebuah contoh, ketika orang tua kita selalu memilih untuk memberikan asupan gizi yang baik terhadap calon anaknya. Seperti selalu rutin untuk mengkonsumsi sayuran & buah-buahan, atau selalu rutin untuk meminum susu kesehatan, dll. Dari pemberian asupan itu orang tua kita perlu untuk membeli berbagai kebutuhan kita. Dan secara tidak langsung, kita telah melakukan bisnis saat berada dalam kandungan dengan perantara orang tua kita. Belum lagi ketika orang tua kita selalu rutin untuk mengontrol keadaan kandungannya ke Rumah Sakit, Dokter maupun Bidan. Dari contoh tersebut berarti orang tua kita telah melakukan kegiatan bisnis dengan Bidan, Dokter dan Rumah Sakit untuk kebutuhan kita.Atau menurut ilmiahnya, proses sejarah bisnis bermula dari masyarakat primitif. Dimana mereka melakukan sebuah transaksi dengan sistem “barter” (Sistem dimana barang dan jasa diperjual belikan atau ditukar dengan barang dan jasa lainnya). Karena pada zaman primitif, belum ditemukannya alat pembayaran yang sah. Lambat laun seiring perkembangan zaman, di akhir milenium ketiga SM (Sebelum Masehi) di Mesopotamia. Bentuknya seperti tablet yang terbuat dari tanah liat kemudian dibentuk menyerupai koin dengan tulisan huruf paku. Beberapa puluh tahun kemudian, uang koin berubah menjadi bentuk lain, yaitu, koin perak, perunggu, emas dan tembaga.Penggunaan uang terus berkembang. Hingga akhirnya untuk pertama kali, ditemukan uang kertas di Cina. Ts'ai Lun, dialah penemu uang kertas itu. Kabarnya, Lun membuat uang kertas dari kulit kayu pohon murbei. Sekarang uang kertas yang beredar sudah lebih praktis dan mudah dipakai sebagai alat pembayaran transaksi dalm berbisnis.







0 komentar:

Posting Komentar